NEWS
 
 




Lampu HID atau Lampu Xenon dan perbandingannya dengan Lampu Halogen



Lampu HID/Lampu Xenon adalah lampu yang pada umumnya di temukan di mobil kelas premium atau mobil keluaran terbaru. Di artikel ini, kami ingin menjelaskan tentang perbedaan lampu HID/ lampu Xenon dengan lampu halogen yang biasa datang asli dari pabrikan.


Lampu HID/ Lampu Xenon adalah sebuah tipe lampu elektronik yang cahayanya dihasilkan oleh semacam busur listrik diantara elektroda tungsten yang berada didalam gelas kaca. Di dalam tabung gelas kaca ini di isi oleh gas xenon dan garam metal. Gas xenon itu bertugas untuk membantu permulaan awal busur listrik. Setelah busur listrik menyala, garam metal tersebut akan memanas dan menguap menghasilkan plasma, yang secara sendirinya akan menaikan intensitas cahaya yang dihasilkan oleh busur listrik.


Lampu Halogen adalah sebuah lampu pijar yang menggunakan filamen tungsten dan mengandung bahan kimia halogen seperti yodium atau bromine. Untuk dapat memperpanjang umur bohlam tersebut, bahan kimia halogen memutarkan bahan tungsten yang telah menguap kembali ke filament, karena proses ini, lampu halogen dapat beroperasi dalam suhu yang lebih tinggi. Terkadang ada juga bohlam lampu halogen yang mengandung sedikit elemen Xenon untuk dapat menghasilkan cahaya lebih tinggi.


Perbedaan lampu HID/lampu Xenon dengan lampu halogen biasa sangat telihat. Fitur yang paling terlihat adalah pada umumnya, lampu HID/lampu Xenon sangat identik dengan cahaya yang putih dan biru yang sangat terang, sedangkan lampu halogen hanya memancarkan sinar kuning biasa. Memang banyak juga bohlam lampu halogen yang diberi warna biru untuk mendapatkan efek warna putih, tetapi walau bagaimanapun juga, warna putih lampu halogen tidak akan bisa seterang dan seputih warna lampu HID/lampu xenon.


Dengan daya 35 watt saja, lampu HID/lampu xenon dapat menghasilkan cahaya hampir tiga kali lipat dibanding dengan cahaya yang dihasilkan oleh lampu halogen 55 watt. Ada juga lampu halogen yang beredar dipasaran dengan daya 110 watt, tetapi hasil cahaya tetap tidak dapat menyamai cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID/lampu xenon. Lampu halogen yang mempunyai daya 110 watt pun mempunyai kelemahan yang cukup fatal, yaitu, temperatur yang tinggi. Dengan menggunakan hampu halogen 110 watt yang berkepanjangan, dapat merusak perkabelan kendaraan dan dapat mengakibatkan kaca batok lampu menjadi kusam dan hitam. Lampu HID/lampu Xenon hanya menggunakan 35 watt, aman untuk perkabelan dan juga dapat mempertahankan kondisi batok lampu kendaraan.


Cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID/lampu Xenon mempunyai kesamaan dengan cahaya disiang hari dibandingkan dengan lampu halogen. Faktor ini dapat menambah pengamanan dalam berkendara. Mata tidak harus bekerja lebih untuk memperhatikan jalanan. Segala hal yang dapat membahayakan pengendara kendaraan seperti contohnya jalan berlubang, trotoar jalan, dan lainnya, dapat terlihat dengan jelas oleh lampu hid/lampu xenon. Lampu HID/Lampu Xenon pun dapat menerangkan rambu lalu lintas lebih baik dibanding lampu halogen.


Perbedaan yang kentara tidak hanya di temukan di jumlah pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu HID/lampu xenon. Jarak pandang pun berbeda jauh. Lampu HID/lampu xenon dapat menerangi jalan dengan efektif hingga 180 meter, sedangkan lampu halogen hanya dapat menerangkan jalan dengan efektif hingga 100 meter. Faktor ini akan sangat membantu dalam menaikan tingkat keamanan dalam berkendara, khususnya di jalanan yang sangat minim pencahayaan.


Lampu HID/lampu Xenon juga memiliki daya tahan yang lebih lama dari lampu halogen, karena lampu hid/lampu xenon tidak memiliki filamen tungsten yang mudah putus seperti yang ada didalam lampu halogen. Ketahanan filamen tungsten dapat juga dipengaruhi oleh suhu sekitar, dan semakin tinggi suhu, semakin pendek umur filamen tungsten tersebut. Sedangkan Lampu HID/Lampu xenon tidak mengadopsi filamen tungsten tersebut, lampu hid/lampu xenon menggunakan elektroda listrik yang menghasilkan busur listrik.


Hanya satu faktor yang biasanya menjadi bahan pertimbangan, yaitu perbedaan harga yang terpaut jauh antara harga lampu HID/lampu xenon dengan lampu halogen. Pada umunya lampu HID/lampu xenon dibanderol dengan harga jutaan rupiah, sedangkan lampu halogen hanya dikisaran harga puluhan sampai ratusan ribu rupiah saja. Tetapi sekali lagi, kita tidak dapat menaruh harga untuk keselamatan kita, maka dari itu, kami himbau pelanggan untuk menggunakan lampu hid/lampu xenon untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.




Last Update : 2012-03-16

 
 
  HDX Home Genesis mk.3 Bulb Guidelist News Contact Us      
    Luxsys Special Project Reviews      
    Replacement Bulb Gallery Events        
    LED Light          
          fb